and the award of “Most innovative company” goes to…[tugas UTS]

Yak, di post kali ini, yang saya akan bahas adalah perusahaan paling inovatif (tetap menurut versi saya). Mengapa menurut versi saya lagi? Ya, jelas karena ini blog saya. Hahaha. #gajelasgara2mauUTS. Nah, and the award of “most innovative company” goes to…..eng ing eng……APPLE….plok plok plok. Selamat buat APPLE  sudah memenangkan award “most innovative company”. Hadiahnya adalah voucher makan di warteg sebelah. Hahaha. Bercanda garing. Meh.

Okay, back to topic. Mengapa saya memilih Apple menjadi the most innovative company? Alasan-alasannya akan saya jelaskan dalam beberapa part, dibagi berdasarkan teknologi, proses, produk/jasa, dan model businessnya.

Mari kita mulai perbacotan ini. Hhe

Teknologi

Pada dasarnya, Apple menghadirkan produk dengan teknologi terbaru yang memberikan kemudahan bagi penggunanya secara maksimal. Grafis yang dihadirkan juga sangat baik dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain. Intinya, Apple menghadirkan teknologi sekaligus keindahan. Jarang-jarang kan ada perusahaan seperti itu? Hhe.

Selain memberikan keindahan dalam bentuk desain, teknologi, dan grafis, produk-produk Apple juga didesign dengan daya tahan yang oke. Memang sih, pembeli perlu membayar lebih mahal untuk menikmati teknologi Apple, tetapi “menurut saya” itu sangat ‘worth it’.

Proses

Dalam proses menghasilkan ide inovatifnya, Apple bisa dikatakan mengeluarkan usaha yang luar biasa. Bisa dikatakan”really good ideas wrapped up in other really good ideas” #apacobamaksudnya

Segala usaha itu dilakukan untuk menghilangkan ambigu-ambigu yang ada supaya nantinya Apple tidak perlu menghabiskan waktu untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada setelah produknya keluar.

Orang-orang di perusahaan Apple melakukan segala pekerjaan dengan kebebasan yang tidak dikekang. Mereka bebas mengeluarkan ide apa saja dan membuatnya menjadi prototype. Kemudian para senior manager akan mengatakan keinginan mereka dan para designer dan engineer akan berusaha mewujudkannya, tidak peduli apapun caranya. Untuk mewujudkan hal-hal tersebut, para designer dan engineer mengeluarkan bermacam-macam prototype sehingga mereka menemukan apa yang mereka inginkan.

Simpel bukan proses pembuatannya? Hha. Berbeda dengan perusahaan lain yang terkadang terkukung dalam berkreasi, Apple mengharuskan pekerjanya untuk “berpikir dengan cara gila”.

Produk/jasa

Produk Apple merupakan produk yang sangat inovatif. Salah satunya adalah ipod. Sebelum Apple mengeluarkan ipod, persebaran mp3 merupakan sesuatu yang tidak baik. Hal ini disebabkan karena mp3 menyebabkan pengurangan pendapatan terhadap music production. Apple mengeluarkan mp3 player yaitu ipod/itouch sebagai salah satu hasil inovasi dari perusahaan ini. Ipod/itouch menyebabkan mp3 menjadi salah satu sumber pendapatan bagi music production dan apple sendiri. Dengan mengunduh mp3 dari itunes store, pengguna ipod/itouch dapat menikmati musik favorit mereka dengan biaya yang lebih murah daripada harus membeli albumnya. Music production juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan penjualan mp3 dari music-musik yang ada.

Ipad juga merupakan salaha satu inovasi terbaru dari Apple. Ipad bisa digunakan sebagai e-book reader yang lebih memudahkan para customer untuk membaca buku-buku yang mereka suka dimana saja tanpa perlu membayar mahal dengan membeli buku-buku yang mereka suka, tetapi mereka bisa membeli versi e-booknya. Dengan begitu mereka juga tidak perlu repot-repot untuk membawa buku yang mereka ingin baca kemana saja karena dengan adanya ipad, mereka dapat menyimpan semua data e-book yang mereka inginkan di dalam ipad.

Business model

Kira-kira business model dari Apple itu begini.

Yang menjadi inovasi adalah customer relationshipnya. Para pembeli dapat menukarkan produk apple mereka ke apple store dan dengan menambah sedikit uang, mereka bisa mendapatkan produk apple terbaru. Selain itu, orang-orang dapat membeli aplikasi-aplikasi untuk produk Apple mereka ataupun mp3 di itunes store. Ini merupakan inovasi menarik dari Apple.

 

Nah, itulah kira-kira overview alasan saya memilih Apple sebagai “most innovative company”. Panjang dan tidak menarik bukan? Yah, saya juga merasa begitu. Okeh, tanpa panjang bacot-bacot lagi, saya akhiri post saya yang didedikasikan untuk UTS ini. Sekian dan chao.

 

 

 

Priska J.R. Siagian

Bandar Korea

 

P.S: ada yang mau beliin saya Ipad2? yang mau beliin, saya doain masuk surga. amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: